Jatiluhur Adventure Camp

Jatiluhur Adventure Camp

Waduk Jatiluhur berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Waduk terbesar di Indonesia ini mulai dibangun pada tahun 1957 lalu beroperasi di tahun 1967 dan merupakan waduk serbaguna pertama yang menyediakan potensi air sebesar 12,9 miliar m³/tahunnya. Fungsi utama dari Waduk Jatiluhur adalah sebagai jalur irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), selain itu juga menjadi sumber kehidupan masyarakat sekitar melalui budidaya ikan air tawar pada keramba-keramba yang ada. Waduk ini berada di ketinggian sekitar 107 mdpl dengan kondisi suhu rata-rata 26-33ºC dan memiliki iklim tropis.

Jatiluhur Adventure Camp (JAC) merupakan camp pelatihan milik Pelopor Adventure yang beroperasi aktif sejak tahun 1996. Camp ini terletak di sisi timur Waduk Jatiluhur, tepatnya di Desa Jatimekar, Kampung Serpis. JAC berfungsi sebagai sarana belajar bagi para peserta yang mengikuti program pelatihan, didukung dengan suasana alam dan vegetasi pepohonan lebat sehingga dapat menjadi ruang kelas alam yang mampu memberikan pengalaman menarik bagi para peserta pelatihan.

Aktivitas program pelatihan juga dilakukan di daerah sekitar JAC dan waduk, seperti hiking, orienteering, camping, ekspedisi maupun water orienteering. Untuk aktivitas di darat dapat juga dilakukan di seberang waduk, yaitu wilayah Cilalawi yang terletak di sisi selatan waduk Jatiluhur. Aktivitas air Pelopor Adventure salah satunya adalah canoeing, dengan menggunakan Indian Canoe Double Seater, peserta pelaihan akan melakukan aktivitas mendayung dengan radius aktivitas 4 kilometer dari pantai JAC.

 

AKSES

Lokasi ini terletak di sebelah Tenggara Jakarta, dapat dicapai melalui jalan tol Cikampek-Cipularang (Ruas Cikampek-Jatiluhur) dan keluar di pintu tol Jatiluhur. Dari kota Purwakarta sendiri tersedia angkutan kota (angkot) yang trayeknya langsung menuju lokasi Pelabuhan Serpis yang ada di Waduk Jatiluhur.

 

PERLENGKAPAN

Berikut adalah perlengkapan yang perlu diperhatikan bila akan berkegiatan di area Jatiluhur, dimana perlengkapan yang sesuai tentunya akan membantu proses pembelajaran yang lebih berkualitas bagi para peserta:

1.  Pakaian Kegiatan (sesuaikan jumlah pakaian dengan waktu aktivitas anda)

  • Gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat atau quick-dry, dan tidak berbahan terlalu tebal agar nyaman untuk berkegiatan. Karena kelembaban dan penguapan dari waduk yang cukup tinggi membuat tubuh lebih cepat berkeringat.
  • Tidak menggunakan celana berbahan jeans karena akan membuat sulit bergerak dan tidak nyaman saat kaki anda berkeringat. Ketika kulit yang berkeringat bergesekan dengan bahan jeans, maka dapat menimbulkan iritasi dan lecet pada kaki. Selain itu ketika basah bahan jeans juga akan terasa lebih berat dan tidak cepat kering. Oleh karena itu celana yang disarankan adalah berbahan katun, parasut, atau quick-dry baik panjang maupun pendek.

2.  Pakaian Tidur (cukup membawa 1 hingga 2 pakaian yang hanya digunakan setiap anda tidur).

3.  Sepatu

Sepatu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam berkegiatan di Jatiluhur Adventure Camp. Jenis sepatu yang disarankan adalah trail shoes, hiking boots atau trail running shoes. Jenis tersebut sangat dianjurkan karena jenis outsole yang sanggup men-support perjalanan di wilayah tanah lempung dan bebatuan. Running shoes juga dapat menjadi alas kaki yang nyaman untuk berkegiatan ringan. Selain itu, juga disarankan agar menggunakan sepatu yang sudah digunakan 4-5 kali agar ukuran dan keregangan sepatu sudah menyesuaikan dengan bentuk kaki.

Mengingat medan di lokasi, sangat disarankan untuk membawa sepatu cadangan.

4.  Sandal Gunung

Sandal gunung digunakan ketika sedang beristirahat atau saat anda perlu ke kamar mandi. Tidak disarankan menggunakan sandal jepit karena akan memungkinkan anda terpeleset dengan kondisi jalan yang licin.

5.  Kaos kaki

Bawalah kaos kaki cadangan, sehingga ketika basah maka anda dapat menggunakan cadangannya.

6.  Jaket anti angin/ windproof

Dengan suhu rata-rata 26-33ºC, maka pada siang hari membuat tubuh berkeringat, namun dalam keadaan tertentu, angin bisa berhembus cukup kencang terutama di area waduk.

7.  Toiletries/ perlengkapan mandi

8.  Obat-obatan pribadi

9.  Senter/ penerangan

Segala jenis penerangan akan sangat dianjurkan untuk dibawa selama berkegiatan. Baik senter maupun headlamp, akan sangat membantu ketika matahari sudah mulai terbenam.

10.  Insect repellent

Dengan keadaan vegetasi yang cukup lebat, tentu akan muncul serangga-serangga dan nyamuk yang cukup mengganggu.

11.  Botol minum

Sangat dianjurkan untuk dibawa selama pelatihan mengingat suhu dan iklim di Jatiluhur, sehingga anda akan tetap terhidrasi.

12.  Topi

13.  Sunblock

14.  Alat belajar

Peserta diwajibkan membawa buku dan alat tulis untuk menunjang proses belajar selama program dengan Pelopor Adventure berlangsung.

15.  Raincoat/ jas hujan

Kita tidak pernah tahu bagaimana cuaca saat kegiatan. Bawalah raincoat dan usahakan tidak menggunakan raincoat yang berbentuk poncho, karena akan menghambat pergerakan anda.

Follow Us :